Google search engine
Beranda Kepri Anambas Babinsa Dorong Peternak Ayam Petelur Wujudkan Hanpangan Nasional

Babinsa Dorong Peternak Ayam Petelur Wujudkan Hanpangan Nasional

Babinsa Koramil 02/Tarempa Kodim 0318/Natuna, Praka Indra Lesmana, saat melakukan komsos bersama peternak ayam petelur di Desa Tianggau, Kecamatan Siantan Selatan, KKA.

Anambas, SinarPerbatasan.com – Babinsa Koramil 02/Tarempa, Kodim 0318/Natuna, Praka Indra Lesmana, menjalin komunikasi sosial (Komsos) dengan Awaludin, salah seorang peternak ayam petelur di Desa Tianggau Kecamatan Siantan Selatan, Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), pada Selasa (19/04/2022) pagi.

Dalam komsos tersebut, Praka Indra Lesmana, ingin memberikan pendampingan kepada para pemilik Usaha Kecil Menengah (UKM), salah satunya kepada peternak ayam petelur, supaya usahanya dapat berkembang dengan baik, sesuai yang diharapkan.

“Memberikan pendampingan kepada pelaku UKM, merupakan salah satu tanggungjawab dari seorang Babinsa,” ujar Indra Lesmana.

Babinsa berharap pelaku UKM asal wilayah binaannya mampu meningkatkan produksinya, sehingga dapat memenuhi kebutuhan pasar didalam daerah, khususnya wilayah Tarempa. Supaya kebutuhan akan telur ayam tidak perlu dipasok lagi dari luar daerah.

Yang tidak kalah pentingnya, Babinsa mengingatkan agar para peternak ayam dapat memperhatikan kebersihan lingkungan disekitar kandang. Supaya tidak menimbulkan bau busuk yang menyengat, yang dapat mengganggu kenyamanan warga lain.

“Kebersihan kandang harus selalu diperhatikan, agar tidak menyebabkan bau yang mengganggu warga sekitar. Dan kalau kandangnya bersih, otomatis ayamnya juga ikut sehat,” pesan Babinsa.

Sementara itu Pjs. Danramil 02/Tarempa, Serma Adi Iswanto, menjelaskan, bahwa tugas seorang Babinsa harus bisa memberikan pendampingan kepada warga binaannya, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, Babinsa juga dituntut untuk bisa mendorong para pelaku UKM, khususnya yang bergerak dibidang pertanian dan peternakan, untuk membantu mensukseskan program Ketahanan Pangan (Hanpangan) Nasional, yang terus di sosialisasikan oleh Pemerintah.

“Terutama dimasa pandemi Covid-19 saat ini, dimana kebutuhan pangan sangat sulit. Untuk itu harus ada penguatan atau ketahanan pangan secara nasional,” tegas Serma Adi Iswanto. (Red)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments