BerandaADVERTORIALBuka Lomba Cipta Menu B2SA, Pj Bupati Buteng : Upaya Pemerintah Tekan...

Buka Lomba Cipta Menu B2SA, Pj Bupati Buteng : Upaya Pemerintah Tekan Stunting

Pj Bupati Buteng, Andi Muhammad Yusuf (tengah) didampingi Kepala Dinas Pangan Buteng, Burhanuddin, foto bersama para pemenang lomba cipta menu B2SA, Rabu (06/03/2024).

Buton Tengah, SinarPerbatasan.com – Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng) melalui Dinas Pangan dan Tim Pengerak PKK berkolaborasi mengelar lomba cipta menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat Kecamatan lingkup Kabupaten tahun 2024, berlangsung di Aula Desa Nepa Mekar, Kecamatan Lakudo, pada Rabu (06/03/2024).

Kegiatan Lomba B2SA tahun 2024 ini diikuti perwakilan PKK di 6 Kecamatan yakni Kecamatan Lakudo, Sangia Wambulu, Mawasangka, Mawasangka Tengah, Mawasangka Timur dan Kecamatan Talaga Raya.

Penjabat (Pj) Bupati Buton Tengah, Andi Muhammad Yusuf, menghadiri dan meresmikan pembukaan lomba B2SA. Kegiatan ini juga dihadiri para para asisten, staf ahli, kabag, dan sejumlah kepala OPD.

Dalam sambutannya, orang nomor satu di Buteng itu mengatakan penganekaragaman pangan dan konsumsi pangan merupakan salah satu upaya yang terus dilakukan untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas dan unggul yaitu melalui perbaikan pola konsumsi pangan masyarakat menjadi lebih beragam, baik untuk jenis pangan sebagai sumber karbohidrat, sumber protein juga sumber vitamin dan mineral.

Saat ini, lanjut Andi Yusuf, masalah kekurangan zat gizi menjadi perhatian pemerintah yang menyebabkan masalah stunting, dan dapat mengakibatkan kondisi gagal tumbuh pada adik balita, masalah pada ibu hamil serta berdampak pada remaja putri yang merupakan calon ibu di masa mendatang.

“Oleh sebab itu, upaya pemenuhan kebetuhan pangan masyarakat perlu dicari solusinya sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 18 tahun 2012 bahwa pemenuhan pangan merupakan hak asasi setiap masyarakat,” ucap Andi Yusuf, mengawali sambutannya.

Lebih lanjut, Andi Yusuf menyampaikan melalui lomba ini diharapkan dapat memantapkan kemandirian pangan lokal dan pelestarian sumberdaya alam dengan memanfaatkan hasil potensi alam daerah, seperti halnya jagung, singkong, ubi jalar, pisang, sukun dan makanan lainnya yang dapat diolah menjadi pangan. Selain itu juga pangan lokal dapat dikembangkan dengan memanfaatkan lahan pekarangan di lingkungan sekitar.

https://www.sinarperbatasan.com/wp-content/uploads/2024/03/WhatsApp-Image-2024-03-20-at-21.06.11-6.jpeg

“Melalui kegiatan ini kami harapkan kepada tim pengerak PKK kabupaten, kecamatan dan desa serta organisasi-organisasi wanita yang ada agar mengalakkan pentingnya konsumsi pangan beragam, bergizi, seimbang dan aman dengan mengutamakan sumberdaya pangan lokal kepada seluruh masyarakat, khususnya ibu-ibu rumah tangga,” pesan Andi Yusuf.

“Pemanfaatan pangan lokal sangat bermanfaat karena mengandung berbagai nutrisi dan mampu meningkatkan kualitas konsumsi pangan dan dapat membantu penambahan pendapatan rumah tangga,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan Buton Tengah, Burhanuddin menyampaikan, pelaksanaan B2SA merupakan agenda rutin yang dilakukan setiap tahun oleh Dinas Pangan.

Tujuan lomba ini, kata Burhanuddin, yakni pertama, dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat akan penting konsumsi pangan B2SA.

Kedua, mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat dalam menciptakan menu B2SA berbasis sember daya lokal.

Ketiga, membangun budaya keluarga untuk mengkonsumsi aneka jenis pangan dengan porsi yang seimbang.

Dan keempat, membangun kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi aneka menu makanan B2SA guna memenuhi kebutuhan gizi keluarga dengan memanfaatkan potensi pangan yang ada disekitar pekarangan masing-masing keluarga.

“Lomba cipta menu diikuti Tim Pengerak PKK merupakan suatu ajang untuk mengukur tingkat kemampuan peserta dalam mengelola bahan pangan menjadi suatu menu yang memenuhi gizi yang aman di konsumsi. Lomba ini dilaksanakan agar setiap individu khususnya ibu-ibu rumah tangga dapat menyediakan menu keluarga disajikan dengan menu beragam, bergizi, seimbang dan aman dikonsumsi,” ucap Burhanuddin ditemui usai kegiatan.

Sebagai informasi, lomba cipta menu B2SA terdapat dua kategori pemenang lomba, yakni kategori menu makan sehari dan kategori menu kudapan balita.

Berikut Tim Pengerak PKK pemenang lomba di dua kategori, yakni kategori menu makan sehari juara 1 diraih perwakilan Tim PKK Kecamatan Sangia Wambulu, juara 2 diraih Kecamatan Mawasangka dan juara 3 dimenangkan Kecamatan Mawasangka Tengah.

Dan untuk pemenang kategori menu kudapan balita juara 1 diraih Sangia Wambulu, juara 2 Mawasangka dan juara 3 Mawasangka Tengah. (Advertorial)

Laporan : Budi Sutrisno

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine


Google search engine

Most Popular

Recent Comments

https://ibb.co/hBb6x82