BerandaDaerahBuka Musrenbang, Sekda Natuna Paparkan 3 Fokus Pembangunan Daerah di 2024

Buka Musrenbang, Sekda Natuna Paparkan 3 Fokus Pembangunan Daerah di 2024

Sekda Natuna, Boy Wijanarko Varianto, saat menyampaikan kata sambutan dalam pembukaan Musrenbang tingkat Kabupaten Natuna tahun anggaran 2024, di Gedung Sri Serindit, Kelurahan Batu Hitam, pada Kamis (16/03/2023) pagi. (foto : Sholeh)

Natuna, SinarPerbatasan.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupeten Natuna, Boy Wijanarko Varianto mengatakan, bahwa estimasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Natuna tahun 2024 sebesar Rp 1,194 triliun.

Demikian disampaikan Boy Wijanarko saat membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) tahun 2023, di Gedung Sri Serindit, Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Batu Hitam, Kecamatan Bunguran Timur, pada Kamis (16/03/2023) pagi.

“Tentunya arah kebijakan pembangunan harus terarah visi dan misi pemerintah daerah (Pemda) 2021-2026,” ujar Boy Wijanarko, dalam sambutannya.

Mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Natuna itu mengatakan, guna percepatan pencapaian tujuan pembangunan tersebut Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna akan fokus pada 3 hal, diantaranya :

https://www.sinarperbatasan.com/wp-content/uploads/2024/03/WhatsApp-Image-2024-03-20-at-21.06.11-6.jpeg
  1. Pengurangan kesenjangan antar wilayah melalui peningkatan kualitas infrastruktur dan fasilitas lainnya yang berkualitas.
  2. Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul melalui peningkatan akses dan pelayanan pendidikan dan kesehatan termasuk peningkatan angka rata-rata lama sekolah di Kabupaten Natuna yang saat ini berada pada angka 8,96 tahun atau SMP kelas 3.
  3. Penguatan pertumbuhan ekonomid dengan mengoptimalkan sumber daya unggulan dan peningkatkan tata kelola Pemerintah yang bersih, transparan akuntabilitas dan berkualitas serta melayani masyarakat.

Ia menuturkan, pembangunan SDM ini menjadi sangat penting, karena terkait isu-isu strategis dan juga penurunan kemiskinan ekstrem 0 persen pada tahun 2024.

Sedangkan pada tahun 2022 kemiskinan ekstrem Kabupaten Natuna sebesar 2,65 persen.

Boy Wijanarko menerangkan, hal ini bukanlah pekerjaan yang mudah dengan keterbatasan anggaran selama dua tahun terakhir ini cenderung turun.

Kata dia, perlu sinergisitas, koordinasi dan proses yang panjang serta dukungan semua elemen masyarakat dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan tema RKPD tahun 2024.

“Tahun 2024 nanti kita juga akan merayakan pesta demokrasi dalam bentuk pemilihan legislatif baik dipusat maupun daerah, pemilihan kepala Negara, kepala Daerah Provinsi dan kepala Daerah Kabupaten,” kata Boy Wijanarko.

“Oleh karenanya saya menghimbau marilah kita terus menjaga persatuan dan kesatuanb bangsa demi percepatan pembangunan didaerah kita,” ujarnya lagi. (Sholeh)

Editor : Imam Agus

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine


Google search engine

Most Popular

Recent Comments

https://ibb.co/hBb6x82