BerandaADVERTORIALBupati Wan Siswandi : Sudah Waktunya Natuna Ini Jadi Provinsi

Bupati Wan Siswandi : Sudah Waktunya Natuna Ini Jadi Provinsi

Bupati Natuna, Wan Siswandi, saat menyampaikan kata sambutan dalam acara pembukaan Kajian Akademis Pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi Natuna-Anambas, Jum’at (26/05/2023) siang.

Natuna, SinarPerbatasan.com – Bupati Natuna, Wan Siswandi, secara gamblang menyatakan dirinya mendukung penuh usulan pemekaran Provinsi Natuna-Anambas.

Hal ini ia sampaikan ketika membuka secara resmi acara Kajian Akademis Tenaga Ahli bersama masyarakat Kabupaten Natuna tentang Pembentukan Provinsi Natuna Anambas di Gedung Sri Serindit, Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Batu Hitam, Kecamatan Bunguran Timur, Natuna pada Jum’at (26/05/2023) siang.

Dalam sambutannya, Bupati Wan Siswandi menyampaikan, ada beberapa hal yang ingin ia sampaikan berkaitan dengan masalah Pembentukan provinsi Natuna Anambas ini.

“Sudah waktunya Natuna ini harus Provinsi,” tegas Wan Siawandi, mengawali kata sambutannya.

Paling kanan, Bupati Natuna, Wan Siswandi, bersama sejumlah tamu undangan yang hadir.

“Sebelum Mubes saya sudah ketemu dengan Mendagri terkait hal ini, saya tanyakan apakah tugas saya sebagai Bupati sebagai perpanjangan tangan Pusat, Posisi saya seperti apa kalau ada yang meminta pembentukan Provinsi, jawaban dari Mendagri segera tampung aspirasi tersebut,” ungkap Bupati Wan Siswandi, menambahkan.

Lanjut Bupati, sebelumnya Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna, jauh hari pada tahun 2017 sudah membuat kajian terkait pembentukan Provinsi ini. Kala itu Wan Siswandi masih menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Natuna, dan Abdul Hamid Rizal sebagai Bupatinya.

Oleh karenanya dari dulu proses ini sudah dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna, seperti membangun infrastruktur, pengembangan sumber daya manusia dan juga pembangunan perekonomian.

“Hal ini dilakukan guna menjawab tantangan kedepan seperti wacana pemekaran daerah baru seperti yang sedang kita perjuangkan saat ini, sehingga kalau DOB ini terjadi semua unsur sudah terpenuhi,” ungkap Wan Siswandi.

Foto bersama seusai acara pembukaan Kajian Akademis Pembentukan DOB Provinsi Natuna-Anambas.

https://www.sinarperbatasan.com/wp-content/uploads/2024/03/WhatsApp-Image-2024-03-20-at-21.06.11-6.jpeg

Terkait dengan infrastruktur pembentukan Provinsi Wan Siswandi menyampaikan kalau normalnya itu harus ada lima Kabupaten dan satu Kota.

“Apakah Natuna bisa nanti jadi sebuah Provinsi khusus ?, harapan kita iya. Namun proses ini harus tetap kita laksanakan tahapan demi tahapan, agar pembentukan Provinsi Natuna-Anambas bisa kita rasakan,” ucapnya.

Bupati menambahkan, Natuna ini adalah kawasan strategis dan berada di perbatasan ,daerah terluar dan juga di sini aparatur sanksi seperti TNI AL, Lanud sudah naik tipe.

“Tentunya hal ini juga menjadi pertimbangan dalam kajian akademis nantinya. Saya sudah mempersiapkan infrastruktur seperti Jalan, listrik dan air (bendungan), bandara di Kabupaten Natuna, ini salah satu indikator untuk Persiapan Natuna sebagai Provinsi,” terangnya.

Sedangkan untuk Peningkatan SDM Bupati menjelaskan pemerintah daerah sudah MOU dengan Akamigas, MOU Dengan Universitas Pertamina, Universitas Perkapalan Surabaya, MOU dengan Universitas PLN, Kementrian KKP, Kementerian Tenaga Kerja, Kementerian Perdagangan untuk Beasiswa dan kuliah gratis anak-anak Natuna.

Bupati Natuna, Wan Siswandi, mengaku sangat setuju jika Natuna dan Anambas bergabung menjadi satu Provinsi, dan berpisah dengan Kepri.

“Tentunya hal ini dilakukan untuk menjawab tantangan kedepan. Menyiapkan SDM unggul anak daerah dalam menghadapi lapangan kerja yang tersedia di Natuna Nantinya jika pemekaran ini terjadi,” cetusnya.

Di akhir sambutannya, Bupati mengatakan dirinya menjalankan tugas sesuai dengan perintah Mendagri untuk menampung aspirasi terkait pembentukan Provinsi Natuna Anambas ini.

“Fokus saya di tahun pertama adalah Infrastruktur, tahun kedua peningkatan SDM dan Infrastruktur, tahun ketiga peningkatan Ekonomi. Dengan Mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, acara Kajian Akademis Pembentukan Provinsi Natuna Anambas Resmi Saya Buka,” tutupnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan kajian Akademis oleh Dekan Fisip Umrah, DR Oksep Adhayanto, SH MH. (Advertorial)

Editor : Imam Agus

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine


Google search engine

Most Popular

Recent Comments

https://ibb.co/hBb6x82