Google search engine
Beranda Daerah Capaian Program Imunisasi Anak Kabupaten Natuna Diatas Provinsi dan Nasional

Capaian Program Imunisasi Anak Kabupaten Natuna Diatas Provinsi dan Nasional

Suasana rapat Evaluasi Bulan Imunisasi Anak Nasional di Kabupaten Natuna.

Natuna, SinarPerbatasan.com – Asisten I Pemerintah Kabupaten Natuna, Khaidir membuka kegiatan Evaluasi Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) dan Penguatan Sektor Program Imunisasi di Kabupaten Natuna.

Kegiatan dilaksanakan di Ruang Rapat Kantor Bupati Natuna Lantai II, Bukit Arai, Kecamatan Bunguran Timur, pada Jum’at (11/11/2022).

Khaidir dalam amanatnya menyampaikan sambutan Bupati Natuna. Dia menyampaikan bahwa meskipun BIAN akan berakhir pada bulan November 2022 namun kegiatan imunisasi tidak berhenti.

“Pemerintah pada tahun 2023 akan memperkenalkan imunisasi baru, dalam upaya memperkuat kekebalan tubuh,” ucap Khaidir.

Mengingat pentingnya program imunisasi, Dia berharap melalui kegiatan evaluasi nantinya akan ada masukan dalam upaya penguatan dan peningkatan mutu kesehatan masyarakat.

Dia mengajak semua pihak untuk bersama-sama membangun koordinasi dan komunikasi sehingga program yang sudah direncanakan dapat berjalan dengan baik.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna, Wan Asrul mengatakan meskipun sempat terkendala pandemi Covid 19 pelaksanaan BIAN di Kabupaten Natuna secara menyeluruh berjalan sesuai target yang telah ditentukan.

Wan Asrul menjelaskan capaian imunisasi BIAN di Kabupaten Natuna terdiri dari Imunisasi Campak Rubela sebesar 96,5 persen, Imunisasi IPV sebesar 67 persen, Imunisasi OPV 93,1 persen, dan Imunisasi DPT/HB/Hib 92,1 persen.

Sementara capaian tingkat Provinsi Imunisasi Campak Rubela sebesar 71,6 persen, Imunisasi IPV sebesar 64,4 persen, Imunisasi OPV 81,5 persen, dan Imunisasi DPT/HB/Hib 91,5 persen.

Sedangkan capaian Nasional Imunisasi Campak Rubela sebesar 64 persen, Imunisasi IPV sebesar 24 persen, Imunisasi OPV 34 persen, dan Imunisasi DPT/HB/Hib 30 persen.

Terakhir, Wan Asrul meminta peran semua pihak. Menurutnya saat berbicara kesehatan, tidak dapat berdiri sendiri, harus merangkul pihak lain, sehingga dapat tercapai apa yang diharapkan.

Kegiatan diakhiri dengan penandatanganan Kesepakatan Bersama dalam Penguatan Imunisasi di Kabupaten Natuna yang ditandatangani oleh beberapa Kepala OPD, Camat, Kemenag, dan dua organisasi profesi kesehatan. (Zk)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments