Google search engine
Beranda Daerah Ditinjau Deputi I BNPP, Sarana Pelayanan PLBN Serasan Masih Perlu Dilengkapi

Ditinjau Deputi I BNPP, Sarana Pelayanan PLBN Serasan Masih Perlu Dilengkapi

PLBN Serasan di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.

Natuna, SinarPerbatasan.com – Deputi I Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Robert Simbolon, mengatakan, masih banyak sarana pelayanan yang perlu dipenuhi PLBN Serasan sebelum diresmikan Presiden RI.

Hal itu ia ungkapkan, usai berkeliling meninjau gedung PLBN Serasan, pada Rabu (16/11/2022) kemarin.

Menurut Robert, PLBN Serasan direncanakan akan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo, paling lambat pada awal Tahun 2023.

“Tanggal pasti peresmian belum tau, karena pak Presiden yang menentukan kapan beliau resmikan. Yang jelas setelah kondisi fisik dan kelengkapannya siap, karena kita liat masih banyak yang perlu dipenuhi,” terang Robert kepada awak media.

Melihat kemegahan PLBN Serasan, Robert pun mengaku puas dengan pekerjaan yang dilakukan Kementerian PUPR itu.

“Yang masih harus dilengkapi seperti mobiler dan peralatan lainnya agar PLBN ini berfungsi. Kalau fisiknya sudah siap 100 persen, hanya bertahap kita sesuaikan arah penggunaan ruang dengan konsep tata kelola PLBN yang kita miliki,” ungkapnya.

Robert pun membuka kemungkinan, pelabuhan di kawasan PLBN Serasan ini tak hanya melayani keberangkatan internasional, melainkan dapat digunakan untuk keberangkatan domestik.

Dia juga menjelaskan, keberadaan PLBN tak sekedar untuk pelayanan perlintasan manusia, namun juga bisa menjadi pintu ekspor internasional dan untuk pengembangan ekonomi kawasan di PLBN itu berada.

“Kita harap tidak hanya menumbuhkan ekonomi di Serasan, tapi ekonomi di pulau sekitarnya juga terus tumbuh dengan adanya PLBN ini,” harap Robert.

Untuk diketahui, PLBN nantinya menjadi pintu gerbang pemeriksaan yang strategis guna mendukung pemberian pelayanan kepada para pelintas batas antar negara yang dapat menyelenggarakan fungsi-fungsi diantaranya seperti kepabeanan, keimigrasian, karantina dan keamanan. (Mzn)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments