BerandaDaerahHari ke-2 Manlap Kekah Gesit, Lanud RSA Natuna Latihan Padamkan Kebakaran dan...

Hari ke-2 Manlap Kekah Gesit, Lanud RSA Natuna Latihan Padamkan Kebakaran dan Crash Team

Tampak personil Lanud RSA Ranai, saat latihan memadamkan kebakaran dan crash team, dalam giat Manlap Kekah Gesit tahun 2023, Kamis (11/05/2023) pagi. (foto : Dok. Lanud RSA)

Natuna, SinarPerbatasan.com – Hari Kedua Manuver Lapangan (Manlap) Kekah Gesit Tahun 2023, Lanud Raden Sadjad (Lanud RSA) Tahun 2023 melaksanakan Latihan Pemadam Kebakaran dan Crash Team, Kamis (11/5/2023) pagi.

Dengan respon cepat anggota tim Pemadam Kebakaran (PK) Lanud RSA menjinakkan api di lokasi kebakaran yang diasumsikan sebagai area perumahan/komplek Lanud RSA. Area latihan kali ini mengambil tempat di driving range Lanud RSA.

Setelah api dinyatakan padam sepenuhnya anggota PK Lanud RSA kembali ke home base. Selanjutnya latihan crash team untuk melatih kesiapsiagaan dan kemampuan serta keterampilan personel crash team Lanud RSA dalam menangani situasi emergency di pesawat.

Di skenariokan satu buah pesawat jenis PK-NLW datang dari Pulau Matak tujuan Natuna dengan lokasi berada 253 radial, jarak 40 mil laut dan ketinggian 9000 feet. Pilot pesawat tersebut kontak Sadjad tower request mendarat di Lanud Raden Sadjad bahwa di dalam pesawat terdapat Pasukan Gerakan Pengacau Keamanan(GPK) dari Tentara Pembebasan Negara Natuna Merdeka (TPNNM).

Selain itu, pilot pesawat juga meminta segera mendarat dalam keadaan darurat karena ada kerusakan pada mesin pesawat.

Dengan adanya kejadian tersebut, petugas ATC Lanud Raden Sadjad melaporkan kepada Kadisops Lanud RSA serta diteruskan ke Komandan Lanud RSA dan disiapkan crash team terdiri dari unsur Base Ops, tim PK, Satpomau, Intelijen, Pasukan Hanlan, tim RSAU dr. Yuniati Wisma Karyani dan Penerangan serta Unit PKP-PK Bandara Raden Sadjad Ranai.

https://www.sinarperbatasan.com/wp-content/uploads/2024/03/WhatsApp-Image-2024-03-20-at-21.06.11-6.jpeg

Mendapat perintah tersebut, Crash team Lanud RSA dan unsur lainnya dengan reaksi cepat meluncur ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk menanggulangi serta mengamankan dan mengevakuasi para awak pesawat untuk diberikan pertolongan/penanganan lebih lanjut.

Dalam skenario latihan ini semua unsur gabungan personel Lanud RSA berhasil menyelamatkan pilot dan kru pesawat serta mengamankan musuh. Setelah semua rangkaian latihan Kekah Gesit Tahun 2023 berakhir, acara langsung ditutup oleh Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Letkol Pnb David Moningka, S.A.P., pada upacara penutupan ditandai pernyataan penutupan dan pelepasan tanda pita kepada perwakilan peserta latihan.

Dalam sambutan Komandan Lanud RSA, Kolonel Pnb Jajang Setiawan, S.M., M.Han., PSC(J) yang dibacakan Kadisops mengatakan, Latihan ini adalah untuk melatih dan memberikan pengalaman praktis bagi personel dalam menganalisa, mengaplikasikan teori, prosedur, taktik serta teknik sebagai umpan balik korektif bagi penentuan kebijaksanaan kedepan.

“Latihan Kekah Gesit tahun 2023 secara umum sudah terencana dan terlaksana dengan baik, untuk itu perlu saya tegaskan kembali bahwa profesionalisme dapat dicapai, salah satunya dengan terus melaksanakan latihan-latihan dalam upaya peningkatan pengetahuan,” ucapnya.

Di akhir sambutannya,Danlanud RSA berharap latihan Kekah Gesit Tahun 2023 dapat lebih meningkatkan kesiapan operasional dalam melaksanakan tugas-tugas ke depan bagi Lanud Raden Sadjad dan Insub. (Khairud)

Editor : Imam Agus

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine


Google search engine

Most Popular

Recent Comments

https://ibb.co/hBb6x82