BerandaDaerahKoptu Sittong Purba Ikut Beri Pelatihan terhadap Kelompok BUMDESMA Desa Kadur

Koptu Sittong Purba Ikut Beri Pelatihan terhadap Kelompok BUMDESMA Desa Kadur

Tampak Babinsa Koramil 08/Pulau Laut, Koptu Sittong Purba, saat menghadiri kegiatan pelatihan terhadap kelompok BUMDESMA di Desa Kadur, Rabu (07/06/2023) siang. (Foto : Zaki)

Natuna, SinarPerbatasan.com – Babinsa Desa Kadur, Koramil 08/Pulau Laut, Kodim 0318/Natuna, Koptu Sittong M. Purba, bersama Bhabinkamtibmas Polsek Pulau Laut, Briptu Wahyudi, ikut turun langsung ke lapangan, bersama staf Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDESMA) Desa Kadur.

Mereka turun langsung ke lapangan, untuk memberikan sosialisasi dan pelatihan kepada para anggota kelompok yang tergabung di BUMDESMA Desa Kadur.

Pertemuan tersebut berlangsung di kediaman Alamsyah, warga RT 01 RW 01 Desa Kadur, Kecamatan Pulau Laut, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), pada Rabu (07/06/2023) siang.

https://www.sinarperbatasan.com/wp-content/uploads/2024/03/WhatsApp-Image-2024-03-20-at-21.06.11-6.jpeg

“Jadi setiap anggota BUMDESMA, akan diberikan pelatihan oleh ahlinya, agar dapat mengelola BUMDESMA dengan baik dan sesuai harapan,” jelas Koptu Sittong Purba.

Dijelaskan Koptu Sittong Purba, bahwa BUMDESMA merupakan sebuah usaha milik Desa, yang sebagian atau seluruh modalnya dimiliki oleh Pemerintah Desa.

Penyertaan saham Pemerintah Desa di BUMDESMA berasal dari kekayaan Desa melalui APBDes yang dinamakan Investasi Permanen Pemerintah Desa.

“Investasi Pemerintah Desa tersebut dimasukan dalam neraca BUMDESMA sebagai Ekuitas, yang kemudian dapat dioptimalkan oleh BUMDESMA untuk mengembangkan usahanya,” jelas Koptu Sittong Purba.

Dengan berkembangnya bisnis BUMDESMA, maka perolehan pendapatan Pemerintah Asli Desa dari hasil usaha, seperti dividen (bagi hasil) dan royalti, juga akan meningkat. (Zaki)

Editor : Imam Agus

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine


Google search engine

Most Popular

Recent Comments

https://ibb.co/hBb6x82