Google search engine
Beranda Kepri Anambas Koramil 02/Tarempa Dorong Petani Cari Penghasilan Tambahan dengan Beternak

Koramil 02/Tarempa Dorong Petani Cari Penghasilan Tambahan dengan Beternak

Anggota Koramil 02/Tarempa Kodim 0318/Natuna, Serda Ganda Fitrianto, saat melakukan komsos dengan petani sayur di Desa Siantan Selatan.

Anambas, SinarPerbatasan.com – Babinsa Koramil 02/Tarempa Kodim 0318/Natuna, menjalin komsos dengan Mislan, salah seorang warga binaan dari Desa Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), yang memiliki pekerjaan sebagai petani sayuran. Komsos dilaksanakan pada Kamis (18/08/2022) siang.

Dalam kesempatan itu, Babinsa menghimbau agar petani sayur selalu semangat menekuni pekerjaannya, agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

“Cintailah pekerjaan itu, maka pekerjaan akan memberikan kemuliaan bagi kita. Apapun pekerjaan kita, kalau dikerjakan dengan sungguh-sungguh dan tekun, InshaAllah akan memberikan kesejahteraan bagi kita,” tutur Serda Ganda Fitrianto.

Babinsa juga menyarankan agar Mislan dapat mencari pekerjaan sampingan, untuk menambah penghasilan keluarga. Misalnya dengan cara beternak unggas seperti ayam atau bebek, beternak kambing, sapi maupun usaha lain yang dapat meningkatkan perekonomian keluarga.

“Agar sumber penghasilan kita tidak hanya bergantung kepada sayur-sayuran saja. Karena dalam bertani ini, terkadang cuaca menjadi salah satu faktor penghambat keberhasilan, misalnya gagal panen dan lain sebagainya. Makanya saya sarankan agar ada sumber penghasilan lainnya, selain dari hasil tani,” saran Serda Ganda Fitrianto.

Diketahui, Mislan bercocok tanam dilahan milik Supeno. Sehingga hasil panennya nanti akan dibagi dua dengan si pemilik lahan. Alhasil, pendapatan Mislan dari hasil tani menjadi kurang maksimal.

Ditempat yang sama, Mislan mengaku sangat bersyukur atas hasil yang didapatkannya dari bertani. Kendati hasilnya hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan biaya sekolah anak, namun Mislan mengaku tetap merasa bersyukur dengan rejeki yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Sementara itu ditempat terpisah, Pjs. Danramil 02/Tarempa, Serma Adi Iswanto, mengatakan, bahwa komsos merupakan salah satu bentuk kepedulian Babinsa terhadap warga binaannya. Apalagi, selama ini perekonomian masyarakat banyak yang terdampak akibat pandemi Covid-19 yang tidak kunjung berakhir.

“Dengan kegiatan yang dilakukan oleh Babinsa, setidaknya memberikan beberapa masukan untuk membangkitkan kembali perekonomian masyarakat, yang merupakan program pemerintah. Kami berharap dengan adanya kehadiran Babinsa di tengah-tengah masyarakat, dapat menjadi solusi bagi masyarakat yang perekonomian terdampak akibat pandemi Covid-19,” ucap Serma Adi Iswanto, melalui sambungan telepon. (Rud)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments