Google search engine
Beranda Kepri Natuna Koramil 08/Pulau Laut Sosialisasikan Kampung Pancasila kepada Masyarakat

Koramil 08/Pulau Laut Sosialisasikan Kampung Pancasila kepada Masyarakat

Foto bersama di depan pintu gerbang Kecamatan Pulau Laut, Kabupaten Natuna, yang telah dipasang spanduk Kampung Pancasila.

Natuna, SinarPerbatasan.com – Anggota Babinsa Koramil 08/Pulau Laut, Kodim 0318/Natuna, Serda Zulkarnaini, melaksanakan komunikasi sosial (komsos) bersama warga binaannya, seraya memberikan sosialisasi tentang adanya pembentukan Kampung Pancasila.

Kegiatan berlangsung di wilayah yang telah ditunjuk sebagai Kampung Pancasila, di Desa Air Payang, Kecamatan Pulau Laut, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), pada Rabu (31/08/2022) siang.

Kegiatan ini turut dihadiri Kepala Desa Air Payang beserta Staf, anggota Posal Pulau Laut, Prada Pangaribuan, anggota Polsek Pulau Laut, Briptu Abu Mansyur dan Briptu Raza, anggota Basarnas Unit Pulau Laut, Abie dan seluruh anggota Koramil 08/Pulau Laut Kodim 0318/Natuna.

Danramil 08/Pulau Laut, melalui Serda Zulkarnaini menuturkan, bahwa program Kampung Pancasila dilakukan melalui tiga tahapan, yakni interpretasi, internalisasi, dan aktualisasi Pancasila.

Babinsa Koramil 08/Pulau Laut Kodim 0318/Natuna, Serda Zulkarnaini, saat mensosialisasikan Kampung Pancasila kepada masyarakat Pulau Laut.


Sedangkan, proses pelaksanaannya mencakup bidang sosial, budaya dan ilmiah.


“Pemerintah memilih daerah yang dijadikan Kampung Pancasila dengan melihat tingkat toleransi agama yang tinggi,” jelas Serda Zulkarnaini.

Babinsa menjelaskan, bahwa tujuan dibentuknya Kampung Pancasila, yaitu untuk menegakkan nilai-nilai Pancasila, sebagai pedoman rakyat Indonesia dalam berbangsa dan bernegara.

Lalu juga sebagai upaya untuk memberi contoh penerapan nilai luhur Pancasila, dalam kehidupan sehari-hari di tengah masyarakat.


“Sebagai contoh sikap toleransi antar umat beragama. Misalnya hidup damai tanpa ada konflik, meskipun terdapat perbedaan suku, ras, agama, bahasa dan budaya,” terang Serda Zulkarnaini.

Babinsa mengajak seluruh warga binaannya, agar dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila, dalam kehidupan sehari-hari. (Zk)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments