BerandaKampung KiteAnambasLanal Tarempa Resmikan Desa Batu Belibak sebagai Kampung Bahari Nusantara

Lanal Tarempa Resmikan Desa Batu Belibak sebagai Kampung Bahari Nusantara

Pemotongan pita peresmian Desa Batu Belibak sebagai Kampung Bahari Nusantara (KBN) oleh Lanal Tarempa, Senin (04/12/2023).

Anambas, SinarPerbatasan.com – Implementasikan tugas TNI Angkatan Laut di bidang pemberdayaan wilayah pertahanan laut, Lanal Tarempa melalui salah satu program unggulan Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar) TNI AL, meresmikan Desa Batu Belibak, Kecamatan Siantan Tengah, Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) sebagai Kampung Bahari Nusantara (KBN), Senin (04/12/2023).

Peresmian Desa Belibak sebagai KBN di wilayah kerja Lanal Tarempa dilaksanakan secara simbolis dengan pemotongan Pita di Gapura Desa Belibak mengikuti Peresmian KBN yang terpusat di Dusun Celocor, Sidoarjo Jawa Timur oleh Aspotmar Kasal dengan mengusung tema “Siap Mendukung Transformasi Ekonomi Masyarakat Maritim dan Terus Melaju untuk Indonesia Maju”.

Komandan Pangkalan Angkatan Laut di Tarempa, Letkol Laut (P) Ibni Jauhari, S.E., M.A., dalam sambutannya menyampaikan “Program Kampung Bahari Nusantara (KBN) yang telah berjalan sejak tahun 2023 adalah wujud konkrit pelaksanaan tugas TNI AL dalam pemberdayaan wilayah pertahanan laut. Program ini diharapkan dapat membangun ketahanan sumber daya maritim khususnya di wilayah Anambas yang juga wilayah perbatasan terdepan melalui aksi pemberdayaan potensi sumber daya yang dimiliki kampung atau desa yang terpilih. Potensi itu terdiri dari lima klaster antara lain klaster kesehatan, pendidikan, pariwisata, perekonomian, dan pertahanan.”

https://www.sinarperbatasan.com/wp-content/uploads/2024/03/WhatsApp-Image-2024-03-20-at-21.06.11-6.jpeg

Kegiatan yang telah dilaksanakan di Desa Belibak dalam program KBN 2023 antara lain berupa renovasi/perbaikan dan fasilitas umum seperti jalan dan instalasi air termasuk prasarana wisata, penanaman mangrove, pemberian bantuan penunjang pendidikan seperti laptop dan buku, pemberian gerobak UMKM, serta gelar pengobatan gratis.

Penyelenggaraan program KBN Lanal Tarempa di Desa Belibak ini tidak lepas dari adanya dukungan dan keterlibatan serta koordinasi yang baik dari Pemerintah Daerah maupun stakeholder terkait dan masyarakat Belibak yang semangat dan antusias.

“Semoga program KBN 2023 di Desa Belibak ini dapat dirasakan manfaatnya secara langsung dan seterusnya dapat dikelola lebih baik lagi oleh masyarakat Desa Belibak”, kata Letkol Laut (P) Ibni Jauhari.

Turut hadir dalam kegiatan diantaranya Bupati Kepulauan Anambas diwakili Asisten Bupati, Palaksa Lanal Tarempa mewakili Danlanal Tarempa, Kadis Pariwisata Kepulauan Anambas, Camat Palmatak, Danramil Palmatak, Lanudal Matak, Kapolsek Palmatak, Kepala Desa Belibak , BPD Belibak, Perwira Staf Lanal Tarempa, Ketua Cabang 3 Korcab IV beserta Pengurus dan seluruh Prajurit Lanal Tarempa. (Thony)

Editor : Imam Agus

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine


Google search engine

Most Popular

Recent Comments

https://ibb.co/hBb6x82