BerandaDaerahPENGELOLAAN KEUANGAN MASJID BERBASIS MANAJEMEN KEUANGAN SYARIAH

PENGELOLAAN KEUANGAN MASJID BERBASIS MANAJEMEN KEUANGAN SYARIAH

Penulis : Bela Nofita
Mahasiswi : Universitas Negeri Islam Raden Intan Lampung

Masjid pada umumnya digunakan sebagai fasilitas tempat ibadah, namun seiring berjalannya waktu, kini masjid juga dapat membantu meningkatkan perekonomian masjid dan masyarakat sekitaran masjid.

Dengan manajeman keuangan yang baik bukan hanya meningkatkan nilai spiritual tapi juga menambah nilai ekonomi. Sehingga pengelolaan keuangan masjid yang baik dan produktif sangat dibutuhkan dalam proses peningkatan nilai ekonomi.

Manajemen masjid yang baik ditopang dengan manajemen keuangan yang baik. Berbagai program yang direncanakan tidak dapat sesuai harapan jika tidak disupport dengan keuangan yang kuat dan sehat. Artinya, perlu adanya manajemen keuangan yang baik dan professional.

https://www.sinarperbatasan.com/wp-content/uploads/2024/03/WhatsApp-Image-2024-03-20-at-21.06.11-6.jpeg

Selain itu dari sudut pandang ekonomi, semakin banyaknya idle asset, sehingga menyalahi konsep uang dalam Islam, yaitu sebagai flow concept bukan stock concept dengan adanya manajemen keuangam syariah yang memiliki peran dalam memanage uang, sehingga dapat mengontrol arus keuangan secara baik.

Tentu dalam pengelolaan keuangan diperlukan hal-hal dasar yang harus diterapkan, misalnya saja harus sesuai dengan ketentuan dan tuntutan dan anjuran syariat islam, mulai dari cara mendapatkan uangnya dan bagaimana secara mengelolanya berdasarkan ajaran islam.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine


Google search engine

Most Popular

Recent Comments

https://ibb.co/hBb6x82