Google search engine
Beranda Kepri Natuna Peringati Hari Dharma Samudera 2022, Lanal Ranai Ziarah ke Makam Pahlawan

Peringati Hari Dharma Samudera 2022, Lanal Ranai Ziarah ke Makam Pahlawan

Keluarga besar TNI AL dari Lanal Ranai, saat berziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP).

Natuna, SinarPerbatasan.com – Dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera tahun 2022, Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Ranai melaksanakan Ziarah Rombongan di Taman Makam Pahlawan (TMP) bertempat di Jalan Taruna Kelurahan Bandarsyah, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, pada Sabtu (15/01/2022) siang.

Upacara Ziarah Rombongan Ke Taman Makam Pahlawan dalam rangka memperingati hari Dharma Samudera tahun 2022 tersebut merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan guna mengenang peristiwa heroik pada setiap tanggal 15 Januari 1962.

Ziarah yang dilakukan secara sederhana di ikuti oleh Palaksa Lanal Ranai, Perwira staf Lanal Ranai, Prajurit Bintara dan Tamtama serta PNS Lanal Ranai serta turut serta hadir Ibu Ketua Jalasenastri dan ibu – ibu Pengurus Jalasenastri Cabang 8 Korcab IV DJA I.

Komandan Lanal Ranai, Kolonel Laut (P) Dofir selaku pimpinan Ziarah Rombongan di Taman Makam Pahlawan, memimpin langsung jalannya Ziarah tersebut. Sedangkan Perwira upacara yaitu Pasprogar Lanal Ranai, Mayor Laut (T) M. Tuahta

Pada Kesempatan tersebut, Danlanal Ranai Kolonel Laut (P) Dofir mengatakan bahwa Hari Dharma Samudra yang diperingati setiap tanggal 15 Januari ini ditujukan untuk memperingati semangat para pahlawan kita di pertempuran Laut Aru, Maluku pada tahun 1962.

“Pada hari ini kita mengenang pengorbanan kapal perang RI Macan Tutul yang dikomodori oleh Laksamana Madya TNI Yosaphat Soedarso demi melindungi 2 kapal perang RI lainnya dalam pertempuran melawan Belanda di laut Arafura perairan Maluku,” ucapnya.

Dikatakan, pertempuran penuh semangat membela negara di laut Arafuru memberikan keteladanan sejati kepada kita tentang nilai dan semangat kejuangan, yakni sikap kesatria, rela berkorban dan tak pernah gentar menghadapi musuh dalam mempertahankan wilayah dan kedaulatan negara.

“Peristiwa itu mewariskan nilai kepada kita untuk tetap tegar, pantang menyerah dalam berbagai tantangan,” ujar Danlanal.

Pada kesempatan itu, dilaksanakan Penghormatan kepada arwah para pahlawan Selanjutnya Mengheningkan cipta, Peletakan Karangan Bunga serta tabur bunga di makam para pahlawan.

Kemudian Tabur bunga di makam para pahlawan oleh pimpinan ziarah di ikuti tabur bunga oleh Perwira, Bintara, Tamtama, PNS dan Ibu Ketua Jalasenatri serta Ibu – Ibu pengurus Jalasenastri Cabang 8 Korcab IV DJA I, Penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan.

Untuk diketahui, Rangkaian kegiatan Ziarah Rombongan di Taman Makam Pahlawan dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera 2022 berjalan lancar dengan tetap menjalankan protokoler kesehatan yakni Mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker. (Pen_Lanal Ranai)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments