Google search engine
Beranda Kepri Natuna Sambut Hari Bakti TNI-AU ke-75, Lanud RSA Ranai Gelar Pengobatan Massal dan...

Sambut Hari Bakti TNI-AU ke-75, Lanud RSA Ranai Gelar Pengobatan Massal dan Donor Darah

Senam bersama salam rangka menyambut Hari Bakti TNI-AU ke-75 tahun 2022.

Natuna, SinarPerbatasan.com – Dalam rangka menyambut Hari Bakti TNI Angkatan Udara ke-75, yang jatuh pada tanggal 29 Juli 2022 nanti, Pangkalan TNI Angkatan Udara Raden Sadjad (Lanud RSA) Ranai, Kabupaten Natuna, menggelar bakti sosial berupa pengobatan massal dan donor darah, serta senam sehat bersama, di Pantai Piwang Ranai, Kecamatan Bunguran Timur, pada Minggu (24/07/2022) pagi.

Komandan Lanud RSA Ranai, Kolonel Pnb. Jajang Setiawan, SM., M.Han., PSC (J), menjelaskan, pada momen Hari Bakti TNI-AU ke-75 kali ini, Lanud RSA Ranai telah menggelar berbagai aksi sosial kemanusiaan, diantaranya pengobatan massal dan donor darah. Sebelumnya, juga telah dilaksanakan penanaman pohon dan penyerahan sembako kepada Perhimpunan Purnawirawan Angkatan Udara (PPAU) Cabang 23 Ranai, di Kota Tua Penagi, Kecamatan Bunguran Timur.

Dijelaskannya, pohon yang ditanam adalah jenis pohon Nyamplung atau Punaga. Pohon ini, biasa digunakan oleh masyarakat sebagai bahan untuk membuat kapal dan perkakas rumah.

Danlanud RSA Ranai dan tamu undangan saat meninjau pelaksanaan donor darah.

“Karena kita ketahui tradisi membuat kapal itu masih ada, makanya kami tanam kayu ini di sekitar komplek Lanud hingga ke Penagi. Tujuannya agar nanti anak cucu kita dapat memanfaatkannya sebagai bahan untuk membuat kapal. Sekarang pohon nyamplung atau punaga ini hanya tinggal satu-satunya di Lanud Ranai,” ujar Jajang Setiawan.

Kemudian untuk bakti sosial berupa donor darah, Lanud RSA Ranai telah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, RSUD dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Natuna. Mengingat minimnya Unit Transfusi Darah (UTD) dan belum adanya bank darah, maka pihak penyelenggara hanya membatasi untuk 100 orang pendonor.

Meski demikian, Danlanud menyampaikan bahwa pihaknya bersedia menyiapkan bank darah hidup, yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang sedang membutuhkan darah untuk keperluan pengobatan.

“Personil kami siap menjadi bank darah hidup, jika dibutuhkan oleh masyarakat. Kami siap melayani masyarakat 24 jam, mau itu siang, malam bahkan dini hari, kita siap untuk memberikan donor darah untuk masyarakat,” janji Danlanud Jajang Setiawan.

Hal itu dilakukan Danlanud, sebagai bukti bahwa unsur TNI, khususnya TNI-AU, dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di ujung utara NKRI.

Wabup Natuna didampingi Danlanud dan Ketua DPRD Natuna, saat memeriksa kesehatannya di posko pengobatan massal Hari Bakti TNI-AU ke-75 tahun 2022.

Sementara itu Wabup Natuna, Rodhial Huda, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Lanud RSA, yang telah menggelar pengobatan masal secara gratis dan donor darah di Hari Bakti TNI AU ke-75 tahun 2022. Menurutnya hal ini sangat membantu masyarakat, karena selama ini masyarakat enggan untuk memeriksakan kesehatan ke Rumah Sakit maupun Puskesmas.

“Sebab kebanyakan masyarakat kita itu malas kalau memeriksakan kesehatan secara formal di rumah sakit. Tapi kalau seperti ini kan masyarakat sambil liburan, sekalian bisa memeriksakan kesehatannya,” ucap Rodhial Huda.

Rodhial menyebutkan, kedepan Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna berencana memberikan hibah lahan kepada PMI Natuna, untuk keperluan pembangunan bank darah.

“Karena kita tahu, ditempat kita belum ada bank darah, UTD pun kapasitasnya terbatas. Makanya kami sangat mengapresiasi program bank darah hidup yang dicanangkan oleh Danlanud Ranai,” ujarnya.

Kegiatan yang mengangkat tema ”Dilandasi Semangat Kepahlawanan 29 Juli 1947, TNI AU Siap Mewujudkan Angkatan Udara Yang Disegani Di Kawasan” itu, turut dihadiri oleh Ketua DPRD Natuna, Daeng Amhar dan Wakil Ketua I DPRD Natuna, Daeng Ganda Rahmatullah, Ketua Pia Ardhya Garini Cabang 17/D.1 Lanud RSA Ranai, Ny. Novi Jajang Setiawan, Kapolres Natuna AKBP Iwan Ariyandhy, Kepala Basarnas Natuna, Mexianus Bekabel, Kepala Dinas Kesehatan Natuna, Hikmat Aliansyah, unsur Forkopimda, OPD dan masyarakat. (Erwin)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments