BerandaADVERTORIALSambut HUT Provinsi Lampung ke-59, DPRD Tubaba Gelar Rapat Paripurna

Sambut HUT Provinsi Lampung ke-59, DPRD Tubaba Gelar Rapat Paripurna

Suasana rapat paripurna DPRD Tubaba dalam rangka HUT Provinsi Lampung ke-59, Senin (20/03/2023).

Tulang Bawang Barat, SinarPerbatasan.com – Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Tulang Bawang Barat dalam Rangka Peringatan Hari Jadi Provinsi Lampung Ke 59 Tahun 2023 dengan tema “Lampung Bersinergi, Lampung Berprestasi.

Acara Rapat Paripurna DPRD bertempat di Jln. Tuan Rio Sanak Tiyuh/Desa Panaragan komplek perkantoran Pemerintah Daerah Kabupaten Tulang Bawang Barat. Kec. Tulang Bawang Tengah Kabupaten. Tulang Bawang Barat, pada Senin (20/03/2023).

Sidang Paripurna Istimewa DPRD Tubaba dipimpin langsung PJ. Bupati Tubaba Dr. Zaidirina, SE.,M.Si. Ketua DPRD Tuba Barat, Ponco Nugroho, ST. Wakil Ketua II DPRD Tuba Barat, Joko Kuncoro, S.I.Kom

Yang dihadiri oleh Dandim 0412/LU Letkol Inf Andi Sultan.S.Pd., M.H. Kapolres Tuba Barat AKBP Ndaru Istimawan.S.Ik. Kejari Tulang Bawang Barat, Sri. Haryanto, SH.,MH. Sekdakab Tulang Bawang Barat Ir.Nopriwan Jaya.SP. Sekwan DPRD Tubaba Rudi Riansyah, SE.,MM. Para Staf Ahli Bupati Tulang Bawang Barat.

Kepala Pengadilan Agama Kab.Tulang Bawang Barat. Fitri.S.Hi.M.H. Para Asisten I,II dan III Pemkab Tulang Bawang Barat. Para Kepala OPD Pemkab Tulang Bawang Barat. Para Kabag Pemkab Tulang Bawang Barat. Para Camat se-Kabupaten Tulang Bawang Barat. Anggota DPRD Kab. berjumlah 12 orang.

Juga dihadiri 12. Lurah dan Kepala Tiyuh se-Kab. Tulang Bawang Barat (ditempat masing² melalui aplikasi Meeting zoom). Dan dihari oleh Para Jurnalis media Cetak, elektronik dan online.

Pembukaan kegiatan di iringi lagu Indonesia Raya dan juga menyanyikan lagu Mars Lampung Oleh Ketua DPRD Tulang Bawang Barat Lampung,

Dilanjutkan sambutan Oleh Gubernur Lampung, yang disampaikan PJ. Bupati Tulang Bawang Barat dalam sambutan tersebut PJ. Bupati zaidirina Wardoyo menyatakan.

“ Dalam kesempatan Rapat Paripurna Istimewa DPRD ini, perkenankan saya membacakan Sambutan Gubernur Lampung dalam rangka Memperingati HUT Ke-59 Provinsi Lampung.

Pada Hari Jadi Provinsi Lampung ke-59 di tahun 2023, atas nama Pemerintah Provinsi Lampung. Saya mengucapkan Selamat. (Dirgahayu) kepada seluruh masyarakat Lampung. Sebagai ungkapan bahagia lahirnya Provinsi Lampung Tanggal 18 Maret 1964 yang lalu ,” Ucapnya.

Di ketahui bahwa, Provinsi Lampung ditetapkan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 1964 yang kemudian menjadi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 1964. Peringatan HUT Provinsi Lampung ke-59. Yang mengambil tema Lampung Bersinergi Lampung Berprestasi.

Pada peringatan hari jadi Provinsi Lampung ke-59 Tahun 2023, saya mengapresiasi kepada Dewan yang terhormat, karena sudah terjalinnya hubungan kerjasama yang harmonis dalam penyusunan anggaran, pengawasan dan kontrol kebijakan pemerintah daerah.

Pada pasca pandemi Covid-19 secara cepat telah dikeluarkan Perda Nomor 3 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru dalam Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019 di Provinsi Lampung.

Hal ini untuk keterpaduan dalam peningkatan kesadaran masyarakat, penanganan kerentanan sosial dan kerentanan ekonomi di daerah dengan melibatkan peran aktif masyarakat,” Ujarnya

Lebih Lanjut PJ. Bupati Zaidirina menyampaikan , “ Pada kesempatan yang baik ini, saya akan menyampaikan beberapa hal terkait kinerja dan penyelenggaraan Pembangunan daerah selama Tahun 2022.

https://www.sinarperbatasan.com/wp-content/uploads/2024/03/WhatsApp-Image-2024-03-20-at-21.06.11-6.jpeg

Yakni, Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Lampung Tahun 2022 sebesar 4,28% (year on year) dengan tingkat inflasi yang terjaga pada level 5,51%. Pertumbuhan Ekonomi pada triwulan II-2022 sebesar 9,12% (q to q) bahkan tercatat yang tertinggi di Indonesia.

Pertumbuhan ekonomi ini ditopang oleh peningkatan produksi dan nilai tambah pada sektor pertanian yang memberikan kontribusi sebesar 28% terhadap PDRB. Untuk produksi padi Provinsi Lampung Tahun 2022 sebanyak 3,3 juta ton dengan produksi beras sebanyak 1,9 juta ton. Setelah memenuhi angka konsumsi beras lokal sebanyak 700 ribu ton, sehingga Provinsi Lampung turut mendukung ketahanan pangan Nasional.

Kondisi perekonomian tersebut berhasil menurunkan tingkat pengangguran terbuka sebesar 0,16% dan berdampak langsung pada penurunan angka kemiskinan yang cukup signifikan dari 12,62% per Maret 2021 menjadi 11,44% per September 2022.Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tercatat mengalami peningkatan yang cukup berarti. Tahun 2022 sebesar 70,45 yang berarti kini berada pada status Tinggi yang sebelumnya sebesar 69,9.

Ketimpangan pembangunan berdasarkan Indeks Gini terus menurun menjadi 0,313 bila dibandingkan tahun sebelumnya, serta berada di bawah angka Nasional.Nilai Tukar Petani mencapai 104,3 dari target 102 103.Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca sebesar 8,88 dari target sebesar 6,915.

Pemerintah Provinsi Lampung bersama anggota Dewan yang terhormat pada Tahun 2022 telah menyusun APBD Provinsi Lampung yang diarahkan untuk mempercepat recovery dampak Pandemi COVID-19 dengan prioritas pada pembangunan infrastruktur, pertanian, dukungan pada UMKM, peningkatan sumber daya manusia dan belanja guna mempertebal jaring pengaman sosial.

Realisasi belanja APBD Provinsi Lampung Tahun 2022 mencapai 97,25% menempati posisi tertinggi di Indonesia dengan didukung capaian realisasi pendapatan sebesar 100,68%. Alhamdulillah, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri, mengapresiasi dengan memberikan penghargaan sebagai Provinsi Terbaik (peringkat pertama nasional) Realisasi Belanja Daerah Tertinggi Tahun 2022 dalam Ajang APBD Award 2023, 2 (dua) hari yang lalu, Kamis 16 Maret 2023.

Pada kesempatan yang berbahagia ini Pemerintah Provinsi Lampung memberikan apresiasi dan penghargaan Award kepada pelaku usaha yang telah mendukung pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, pemberian penghargaan kepada POLDA Lampung atas penyelesaian tanah di Malangsari (Lampung Selatan) dan BPBD atas penggagalan pengiriman TKI ilegal.

Pemerintah Provinsi Lampung juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Ahli Waris Ahmad Akuan atas penyerahan dokumen rekam jejak perjuangan Ahmad Akuan Pahlawan Daerah Lampung kepada Pemerintah Provinsi Lampung untuk dilestarikan. Ucapan apresiasi juga saya sampaikan kepada jajaran pemerintah provinsi dan kabupaten/kota juga seluruh stakeholders terkait atas kerjasama yang baik untuk pembangunan di Provinsi Lampung.

Untuk menjadi pemacu semangat kita bersama. Selamat Hari Ulang Tahun ke-59 Provinsi Lampung. Mari Bersama Tingkatkan Sinergi dan Kolaborasi Demi Lampung Berprestasi untuk Lampung Berjaya. Semoga Allah SWT memberikan kekuatan, bimbingan dan perlindungan kepada kita dalam memajukan Daerah Lampung Sai Bumi Ruwa Jurai yang kita cintai dan banggakan,” pungkasnya. (Oki)

Editor : Imam Agus

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine


Google search engine

Most Popular

Recent Comments

https://ibb.co/hBb6x82