BerandaDaerahSimulasi SAR, Tim Rescuer Basarnas Natuna Evakuasi 3 Wisatawan Asing di Pulau...

Simulasi SAR, Tim Rescuer Basarnas Natuna Evakuasi 3 Wisatawan Asing di Pulau Senoa

Tampak personil Basarnas Natuna dari tim rescuer, saat mengevakuasi salah seorang wisatawan yang tenggelam di sekitar perairan Pulau Senoa, dalam kegiatan simulasi SAR, Kamis (11/05/2023) siang. (foto : Dok. Basarnas Natuna)

Natuna, SinarPerbatasan.com – Tim Rescuer dari Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Basarnas Natuna, berhasil mengevakuasi 3 Orang wisatawan Asing yang sedang berlibur di wisata Pulau Senoa, Kabupaten Natuna.

3 orang wisatawan asal Singapura tersebut, satu diantaranya diketahui mengalami kelelahan saat sedang berenang di bibir pantai dan berhasil di evakuasi dengan selamat.

Sementara 2 orang lainnya mengalami tenggelam saat sedang menikmati wisata bawah laut Pulau Senoa, dengan kondisi 1 orang meninggal dunia dan satu orang selamat.

Kepala KPP Basarnas Natuna, Abdul Rahman saat dikonfirmasi mengapresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh peserta yang terlibat dalam simulasi SAR internal yang dilaksanakan melalui bidang Operasi.

https://www.sinarperbatasan.com/wp-content/uploads/2024/03/WhatsApp-Image-2024-03-20-at-21.06.11-6.jpeg

Dikatakan Rahman, seluruh peserta rescuer yang terlibat diharapkan dapat mengerti tata cara dalam mengevakuasi korban, baik di pinggiran pantai maupun tata cara mengevakuasi korban meninggal yang masih berada di bawah dasar laut.

“Mereka harus mengerti tata cara bagaimana teknik mengevakuasi korban yang sudah meninggal di bawah dasar laut dan bagaimana cara evakuasi korban yang berada di dekat bibir pantai,” ujar Rahman.

Lanjut Rahman, simulasi ini juga dalam rangka meningkatkan Respon time dalam hal pelayanan Jasa SAR kepada masyarakat maupun wisatawan.

“Kesiapan Personil bukan hanya pasca kejadian namun upaya peningkatan pengamanan yang dilakukan melalui Patroli di sekitar kawasan wisata pulau Senoa pada saat-saat liburan peringatan hari besar,” ungkapnya.

Diketahui simulasi penyelamatan korban wisatawan asing yang sedang berlibur di wisata Pulau Senoa ini sedikitnya melibatkan 15 rescuer KPP Basarnas Natuna, dan sejumlah Alat Utama penyelamatan diantaranya seperti satu unit RIB, 2 unit Perahu Karet, dan 1 unit Jet Sky. (Zubad)

Editor : Imam Agus

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine


Google search engine

Most Popular

Recent Comments

https://ibb.co/hBb6x82