BerandaDaerahWabup Wan Zuhendra Apresiasi Penerbitan Paspor Elektronik di Kantor Imigrasi Tarempa

Wabup Wan Zuhendra Apresiasi Penerbitan Paspor Elektronik di Kantor Imigrasi Tarempa

Wabup Anambas, Wan Zuhendra, tampak sedang meninjau aktifitas di Kantor Imigrasi Tarempa, Kamis (28/03/2024) siang.

Anambas, SinarPerbatasan.com – Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra mendatangi Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tarempa untuk melakukan penggantian paspor yang telah habis masa berlaku.

Dengan sambutan hangat, Wabup menyempatkan diri untuk berbincang dan membahas seputar kelebihan dan manfaat dari elektronik paspor, Kamis (28/03/20234) siang.

Perbedaan paspor biasa dan elektronik dapat dilihat dari fisik paspor tersebut. Meskipun kedua blanko paspor tersebut sekilas sama, ada perbedaan yang mencolok yang langsung dapat dikenali, yaitu keberadaan chip gen pada cover atau halaman depan Elektronik Paspor.

Chip dengan teknologi seperti ini biasanya terdapat pada kartu ATM atau kartu sim telepon genggam yang berfungsi menyimpan data keimigrasian berupa identitas pemilik paspor sedangkan paspor biasa tidak memilik chip pada halaman depannya.

Dengan keberadaan chip yang ada pada paspor elektronik, pengguna paspor elektronik memiliki keistimewaan tersendiri ketika akan melalui Tempat Pemeriksaan Imigrasi di beberapa tempat yang sudah memiliki autogate.

https://www.sinarperbatasan.com/wp-content/uploads/2024/03/WhatsApp-Image-2024-03-20-at-21.06.11-6.jpeg

Wabup Anambas, Wan Zuhendra, saat mencoba membuat paspor elektronik di Kantor Imigrasi Tarempa.

Fungsi utama dari layanan autogate adalah untuk mengurai antrian karena pemeriksaan Keimigrasian terhadap penumpang dengan menggunakan lebih cepat dibandingkan pemeriksaan manual tanpa autogate yang diberlakukan kepada pemilik paspor biasa Paspor elektronik juga memberikan beberapa kemudahan, antara lain fasilitas bebas visa untuk kunjungan singkat ke Jepang dengan melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

Selain itu, WNI yang mengajukan permohonan visa ke negara-negara Eropa bisa mendapatkan masa berlaku visa yang lebih lama jika dibandingkan mengajukan permohonan visa menggunakan paspor biasa (non elektronik).

Dalam kesempatan tersebut Wan Zuhendra juga mengapresiasi adanya pilihan layanan elektronik paspor yang tersedia di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tarempa.

Sebagai pejabat penting di daerah ia juga mendukung setiap peningkatan layanan yang disediakan oleh instansi daerah maupun instansi vertikal yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Perlu diketahui Wan Zuhendra merupakan pejabat daerah pertama yang menikmati layanan permohonan elektronik paspor yang disediakan oleh Kantor Imigrasi Tarempa.

Laporan : Thoni

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine


Google search engine

Google search engine

Google search engine

Most Popular

Recent Comments

https://ibb.co/hBb6x82