BerandaSumateraBengkalisGesa Pembangunan, Pemkab Bengkalis Gelar Rapat Lanjutan Pembangunan Jembatan Pulau Sumatera Pulau...

Gesa Pembangunan, Pemkab Bengkalis Gelar Rapat Lanjutan Pembangunan Jembatan Pulau Sumatera Pulau Bengkalis

Bengkalis, SinarPerbatasan.com – Percepatan Pembangunan Jembatan Pulau Sumatera-Pulau Bengkalis terus digesa.

Pemerintah Kabupaten Bengkalis kembali menggelar rapat lanjutan rencana Pembangunan Jembatan Pulau-Sumatera Pulau Bengkalis bersama SINO ROAD & BRIDEGE CO, Ltd, di Ruang Rapat Hang Tuah Kantor Bupati Bengkalis Senin, 8 Juli 2024.

Rapat dipimpin Staf Ahli Bupati Bengkalis Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Bustami HY dihadiri langsung Head Contract Consultan SRGBC kontraktor Ika Puspitasari, Kepala Bappedalitbang Provinsi Riau diwakili Rahmad Rahim dan Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR PKPP Provinsi Riau Teza Dasra, Kabag Kerjasama Setda Provinsi Riau Fuadi.

H. Bustami HY dalam arahannya mengapresiasi progress pembangunan jembatan yang telah berjalan, baik diskusi maupun kunjungan survey ke lapangan yang dilakukan Pemerintah Provinsi Riau bersama pihak investor dan Pemkab Bengkalis.

Beliau berharap diskusi dan pertemuan rapat ini akan memberikan arah yang lebih konkrit untuk persiapan pelaksanaan pembangunan jembatan kedepan.

Sementara itu, Kepala Bappedalitbang Provinsi Riau diwakili Rahmad Rahim menggesa progres pembangunan jembatan ini, khususnya terkait pendalaman FS yang telah dilakukan Pemkab Bengkalis.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas PUPR Ardiansyah mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bengkalis saat ini sedang menindaklanjuti administrasi dan kelengkapan lainnya baik skema pendanaan maupun proses pendanaan pembebasan lahan.

“Jadi kita sedang mengejar agar pembangunan jembatan Pulau Bengkalis-Pulau Sumatera agar perencanaannya segera bisa segera masuk ke dalam Proyek Strategis Nasional sehingga bisa mempercepat proses pembangunan,” ucapnya.

https://www.sinarperbatasan.com/wp-content/uploads/2024/03/WhatsApp-Image-2024-03-20-at-21.06.11-6.jpeg

Sedangkan terkait desain jembatan, Ardiansyah mengusulkan agar ada unsur melayunya.

Terpisah, Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR PKPP Provinsi Riau Teza Dasra mengatakan, jembatan Pulau Sumatera–Pulau Bengkalis menghubung trans jalan nasional provinsi dan kabupaten sesuai dengan program provinsi yang masuk rencana Kementerian PUPR, yang sangat potensial.

Sedangkan terkait skema pendanaan yang disarankan Kementerian PUPR untuk project dengan skema KBPU atau APBN/APBD.

Sementara itu, pihak SRBGC selaku calon investor sudah siap untuk melakukan pembangunan jembatan pulau bengkalis pulau sumatra, tinggal persiapan dari pemerintah Bengkalis dan provinsi riau, dan yang paling penting Kegiatan ini harus secepatnya masuk dalam RPJMN sebagai proyek strategis Nasional (PSN) karena waktu sinkronisasi sampai akhir Juli.

Diketahui sebelumnya, Bupati Kasmarni telah melakukan rapat bersama Pj Gubernur Riau SF Hariyanto terkait pembangunan jembatan di Ruang Rapat Melati Kantor Gubernur Riau, Senin 10 Juni lalu.

Bustami berharap stakeholder terkait bisa menuntaskan tindak lanjut pertemuan sebelumnya dan hari ini untuk mewujudkan harapan besar masyarakat Kabupaten Bengkalis guna meningkatkan akses mobilitas dan mendukung berbagai sektor seperti ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan transportasi.

Rapat turut dihadiri Kepala Dinas Perhubungan Adi Pranoto, Sekretaris Dinas PUPR Erdila, Camat Bukit Batu Acil Esyno, Camat Bengkalis diwakili Sekretaris Kecamatan Bengkalis Fitra Rama, Kabag Kerjasama Kabupaten Bengkalis Dian Rachmadany, Kabag Hukum Fendro Arrasyid, Kabid Anggaran BPKAD Kabupaten Bengkalis Agus Susanti, Kepala Desa Bukit Batu, dan tamu undangan lainnya.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine


Google search engine

Most Popular

Recent Comments

https://ibb.co/hBb6x82